Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sanggau nomor : 5 tahun 2007 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), masa jabatan BPD adalah 6 (enam) tahun, dan sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan tersebut, di Kecamatan parindu pada tanggal 28 Maret 2013 bertempat di halaman Kantor Camat Parindu diadakan Acara Pelantikan Anggota BPD oleh Wakil Bupati Sanggau (Paolus hadi, S.Ip, M.Si), Jumlah Anggota BPD yang dilantik 84 orang dari 14 Desa yang ada di Kecamatan Parindu.

Dalam sambutannya Wakil bupati Sanggau menyampaikan bahwa tugas dan Fungsi BPD hampir sama dengan DPR, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan Desa dan peraturan Kepala Desa, bersama dengan Kepala Desa menetapkan PERDES (Peraturan Desa), menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan yang belum terlaksana menyusun Tata Tertib BPD, dimohon setelah pelantikan ini supaya BPD membuat Tatib BPD yang disesuaikan dengan kebutuhan Daerahnya masing-masing, apabila kesulitan konsultasikan ke BPMPemdes Kabupaten Sanggau, saya yakin dan percaya bpk/ibu yang dilantik hari ini adalah pilihan masyarakat desa, jadi pasti orang terbaik dan mampu dalam menjalankan tugas dan fungsinya, siapatau sudah terbiasa dengan BPD yang ruang lingkupnya hanya di desa, ke depan tidak menutup kemungkinan ingin jadi Bupati atau DPRD, tapi untuk tahun ini biarlah “Dukung Saya Dulu” katanya berseloroh, karena beliau di tahun 2013 ini mencalonkan diri jadi Bupati Sanggau, akhirnya saya ucapkan selamat kepada yang dilantik, proviciat untuk semuanya.

Acara dilanjutkan dengan doa, makan bersama dan hiburan diiringi oleh band mas Agus suka mulya, Selesai acara pelantikan dilanjutkan ke Desa Sebarra penutupan bola kaki “POP CUP II” (Persatuan Olah Raga pemuda Cup II) di lapangan bola Dusun Senunuk Desa Sebarra Kec.Parindu.

“Selamat dan Succes buat Pak Wakil beserta rombongan dengan “Sabang Merah/Sanggau Bangga Mengukir Sejarah”.

Berdasarkan pengalaman 2 orang Ibu yang berasal dari Kec.Tayan Hulu, hanya gara-gara mengambil 60 Kg gerondol sawit milik Perusahaan harus berhadapan dengan Hukum, maka “Perkumpulan Pena” memandang perlu dan tergugah hatinya untuk memberikan Penyuluhan Hukum bagi perempuan di sekitar Perkebunan Kelapa swait.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Tabor Kec.Parindu dari tgl.21 s/d 23 Maret 2013, diikuti oleh 5 Kec, yaitu : Mukok, Parindu, Jangkang, Meliau dan Tayan Hulu.  Acara tsb dibuka oleh Wakil Bupati Sanggau (Paolus Hadi S.Ip, M.Si) dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perkumpulan Pena yang melaksanakan acara ini, mudah-mudahan acara ini bisa berkesinambungan dan ditambah lagi anggotanya dari Kecamatan-kecamatan yang ada di Kab.Sanggau, karena permasalahan kompleksitas di Kab.Sanggau, terutama masalah perkebunan kelapa sawit, mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu kaum perempuan dalam menghadapi/menyikapi masalah terutama yang berkaitan dengan masalah Hukum, pesan saya semangat dan ikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, katanya berharap mengakhiri kata sambutannya. Pada kesempatan tsb Ketua GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Ny.Arita Paulina S.Pd.M.Si memberikan cendera mata bagi peserta pelatihan berupa bahan batik khas Sanggau.

Adapun materi yang diberikan selama pelatihan adalah : Konsep Gender, Konsep Dasar Hukum, Sejarah perkebunan kelapa sawit serta hak dan kewajiban perusahaan dan petani, Proses pembuatan perundang-undangan, Sistem Hukum Indonesia, KDRT, Hukum Adat, Sistem Peradilan Perdata dan pidana, serta simulasi setiap materi.

Acara ditutup dengan Evaluasi dilanjutkan malam hiburan dan keakraban antara Narasumber dan peserta pelatihan.

“Sayonara Thanx and Succes selalu buat semuanya.”

Dalam rangka memperingati HKG PKK ke 41 Tahun 2013 ini, TP.PKK Kabupaten mengadakan beberapa kegiatan, diantaranya lomba Administrasi PKK dan lomba dasawisma.

Untuk Kecamatan Parindu pada tanggal 13 Maret 2013 beberapa waktu yang lalu telah diadakan penilaian Administrasi PKK yang bertempat di Sekretariat PKK, adapun Administrasi yang dinilai meliputi 6 buku wajib PKK, Papan data umum, plank PKK, SK Ketua, Dewan Penyantun, dan Susunan pengurus, serta Administrasi Pokja I s/d IV, dalam sambutannya wakil ketua II PKK Kab.Sanggau (Kristina C.Aspandi) menyampaikan disamping penilaian administrasi PKK Kab.Sanggau melakukan evaluasi dan pembinaan, jadi kita bukan mencari kesalahan tetapi membantu memperbaiki apa-apa yang kurang di Kecamatan berkaitan dengan administrasi PKK, setelah penilaian diadakan evaluasi sehingga semua kepengurusan PKK dari Ketua, Sekretaris serta Pokja-pokja memahami serta mengerti administrasi PKK yang masih kurang, demi perbaikan untuk masa yang akan datang.

Setelah Penilaian administrasi PKK Kec, penilaian dilanjutkan ke dusun Baharu desa Suka Gerundi yaitu ke kelompok Dasawisma kunyit, Kades Suka Gerundi menyambut baik kegiatan ini ia berharap kegiatan seperti ini dapat berkesinambungan karena dari pemerintah desa juga mengalokasikan dana bagi PKK desa sekitar 5 s/d 7 Juta untuk satu tahun, mudah-mudahan ini dapat memberikan motivasi kepada ibu-ibu di desa Suka Gerundi, Desa Suka Gerundi juga mempunyai kelompok wanita tani sebagai binaan, katanya menyampaikan begitu antusiasnya ibu-ibu untuk mensukseskan program ini, acara diakhiri dengan peninjauan lokasi posyandu dan rumah-rumah klp.Dasawisma.   THANX BUAT SEMUANYA.

Dalam rangka penertiban Administrasi Barang Milik Daerah, Hari Senin tanggal 25 Februari 2013 bertempat di ruang rapat DP2KAD Kab.Sanggau dilaksanakan pelatihan pengoperasian Simbada(Sistem Informasi Barang Milik Daerah), yang diikuti oleh seluruh Pengurus Barang di SKPD Kab.Sanggau serta 15 Kecamatan yang ada di Kab.Sanggau.

Pelatihan Simbada ini dikoordinir oleh DP2KAD khususnya bagian Asset, yang membidangi Barang Milik Daerah, serta Tutor Pelatihan Simbada tersebut adalah Pak Uban (Konsultan Simbada) dari Bandung.

Menurut Kasi Penata Usahaan dan Penilaian Asset DP2KAD (Heronimus Banuel,S.Sos), pelatihan ini bertujuan :

-       Menertibkan administrasi Barang Milik Daerah yang ada di Kab.Sanggau.

-       Mengoptimalkan “Simbada” sebagai sarana utama dalam pengelolaan data BMD (Barang Milik Daerah) sehingga akan mempermudah Pemerintah Daerah dalam melakukan pengawasan terhadap Pengadaan, Pemeliharaan maupun Mutasi Barang Milik Daerah yang terjadi di setiap SKPD, dengan mengakses di Internet.

-       Serta meningkatkan pemahaman bagi seluruh pengurus barang di Kab.Sanggau terhadap Sistem Informasi Barang Milik Daerah.

Pelatihan berjalan aman, tertib dan lancar, dari pagi hingga sore hari.

“Mudah-mudahan ini dapat berkesinambungan dan bermanfaat bagi kita semua.”

Di Kantor Camat Parindu, Rapat Staf merupakan agenda rutin yang dilaksanakan sebulan sekali, untuk membina para pegawai dan membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi para Pegawai Kantor Camat Parindu, namun apabila ada sesuatu yang perlu ditindaklanjuti / keperluan yang mendesak, Rapat Staf dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan.

Pada hari kamis, tanggal 21 Februari 2013, Pegawai Kantor Camat Parindu (Camat, Sekcam, Kasi, Kasubsi, Staf dan 4 orang tenaga honorer) kembali mengadakan Rapat Staf,  Rapat dipimpin oleh sekcam (Marina Rona, SH,MH) adapun agenda rapat kali ini membahas :

-       Disiplin Pegawai.

-       Keuangan Kantor.

-       Kesiapan menjadi tuan rumah untuk kegiatan MTQ tingkat Kabupaten.

-       Rencana pembinaan desa bulan April s/d Mei 2013.

Seluruh pegawai diberikan kesempatan untuk menyampaikan sumbang saran, yang dilanjutkan dengan Tanya jawab, adapun hasil rapat staf dapat disimpulkan sbb :

-       Salah satu pelaksanaan disiplin Pegawai mengikuti Apel setiap hari Senin di halaman Kantor Camat Parindu, bersama dengan dinas instansi yang ada di kecamatan Parindu.

-       Keuangan Kantor dikelola sesuai dengan petunjuk yang ada, dan mengacu pada Pos yang ada di DPA.

-       Untuk mata anggaran SPPD dibayar sesuai dengan Perbup no.46 tahun 2012 tgl 26 Nopember 2012 tentang standar biaya SPPD.

-       Untuk mata anggran makan minum harian PNS akan dikelola oleh petugas dapur, dengan pengadaan snack setiap hari.

-       Pelaksanaan MTQ direncanakan pada bulan September 2013, dimohon kepada semua staf dapat mendukung kegiatan dimaksud.

-       Pada bulan April s/d Mei 2013 dilaksanakan pembinaan ke desa-desa yang ada di Kecamatan Parindu.

Demikian hasil kesimpulan Rapat Staf, rapat berjalan tertib, aman dan lancar.

 

 

 

Link Terkait