Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

GAMBARAN UMUM KECAMATAN PARINDU

A. GAMBARAN UMUM WILAYAH KECAMATAN PARINDU

1. Sejarah Singkat Kecamatan Parindu

Wilayah Kecamatan parindu dibentuk berdasarkan Surat keputusan Gubernur KDH Tingkat I Kalimantan Barat Nomor 21/Pem-I-1962 tanggal 26 Oktober 1962. Namun kenyataannya segala sarana sebagai suatu kantor wilayah kecamatan memangbelum tersedia pada waktu itu, baik gedung kantor beserta meubelernya maupun rumah jabatan camatnya, oleh karena itu untuk sementara urusan pemerintahan tersebut dilaksanakan dengan mengambil tempat di Kantor Camat Sanggau Kapuas.

Baru pada tahun 1963 dibangun gedung kantor beserta sebuah rumah jabatan Camat Parindu yang berkedudukan di Desa Pusat Damai. Kedua bangunan tersebut rampung pada awal tahun 1964 dan langsung diresmikan pemakaiannya oleh Bupati KDH Tingkat II Sanggau yang waktu itu dijabat oleh M. TH DJAMAN.

Pelu diketahui bahwa nama Parindu diambil sebagai nama wilayah Kecamatan ini berasal dari nama sub suku bangsa dayak yang merupakan penduduk mayoritas wilayah Kecamatan Parindu, yaitu dari kata Pa, berarti suku bangsa Pandu, sedangkan Rindu dari kata Ribun, sehingga menjadi “PARINDU”. Kedua sub suku ini juga dikenal sebagai sub suku suku yang cukup kuat  serta pemberani dan sampai saat ini wilayah Kecamatan Parindu masihdisebut-sebut sebagai Wilayah Kecamatan yang suhu politiknya perlu diperhitungkan, walaupun pada kenyataannya tidak benar seluruhnya, dan itu pulalah yang mungkin sedikit banyak mewarnai sifat masyarakat diwilayah ini, sebagai akibat pertemuan antara budaya tradisional disatu pihak dengan pengaruh dari luar yang sudah mulai memasuki kehidupan masyarakatnya, sementara kebudayaan aslinya juga masih kuat, sehingga mungkin lebih tepat sebagai masyarakat transisi yang sedikit diwarnai oleh pengaruh agama yang memang telah berkembang dengan baik.

Kemudian sebagai ibukota Kecamatan diambillah kata Pusat Damai yangsebelumnya diajukan oleh seorang Pastor bernama KAY, berkebangsaan Belanda dengan maksud jika terjadisuatu sengketa diantara sub suku yang ada di wilayah kecamatan ini hendaknya diselesaikan dengan cara perdamaian, yang sekaligus pula merupakan nama salah satu desa terletak diibukota Kecamatan.

Adapun desa-desa yang menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Parindu ini berasal dari wilayah kecamatan sebagai berikut :

  • Wilayah Kecamatan Sanggau Kapuas.
  • Wilayah Kecamatan Bonti.
  • Wilayah Kecamatan Tayan Hilir, dan
  • Wilayah Kecamatan Tayan Hulu.

Sehingga berjumlah 60 (enam puluh) desa.

Adapun Pejabat Camat Parindu sejak berdirinya Kecamatan ini sampai dengan sekarang adalah sebagai berikut :

No

Nama

Masa Jabatan

Keterangan

1

 H . OEMAR

1962 - 1967

 

2

JOH LAMID NIGA

1967 - 1971

 

3

AMIN MAST, BA

1971 - 1974

Alumni  APDN Ptk

4

SYAMSUDIN ZAILANI, BA

1974 - 1978

Alumni  APDN Ptk

5

Y. TH. DONATUS DJAMAN

1978 - 1981

Alumni  APDN Ptk

6

ALOYSIUS SANDANG, BA

1981 - 1983

Alumni  APDN Ptk

7

ACHMAD BUSTAMI, BA

1983 - 1990

Alumni  APDN Ptk

8

AGUSTINUS NAON, BA

1990 - 1992

Alumni  APDN Ptk

9

Drs. A. ADRIANTO. G

1992 - 1998

Alumni  APDN Ptk

10

ISKANDAR, S.Sos

1998 -  2000

Alumni  APDN Ptk

11

Drs. YOHANES KITENG

2000 - 2001

Alumni  APDN Ptk

12

HILARION ASAN, S.Sos

2001 - 2003

Alumni  APDN Ptk

13

FRANSISKUS MERON, S.Sos

2003 - 2008

Alumni  APDN Ptk

   14

SIRON,S.Sos 

 2008 - sekarang

 Alumni APDN Ptk

 

Sanggau (09/04) Parindu, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Parindu mengadakan Kursus Pembina Pramuka Dasar Tingkat yang dilaksanakan dari tanggal 09 April s/d 15 April 2012 yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat Parindu, dalam laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia kegiatan yang diselenggarakan selama kurang lebih selama seminggu diikuti sebanyak kurang lebih 52 orang pesera yang terdiri atas 9 Kwartir Ranting diantaranya meliputi 5 Kwaran sebanyak 8 orang yaitu Kwaran Parindu, Kwaran Meliau, Kwaran Sekayam, Kwaran Beduai dan Kwaran Balai dan 3 Kwaran sebanyak 4 orang meliputi Kwaran Kapuas, Kwaran Tayan Hilir dan Kwaran Tayan Hulu, sedangkan untuk kegiatan yang dilaksanakan terdiri atas 17 kegiatan terdiri atas Golongan Penggalang, Penegak dan Pandega dengan metode sebanyak 10 macam, dan untuk para pelatih sebanyak 13 orang dan penceramah sebanyak 2 orang, kegiatan yang dilaksanakan selain berupa materi juga praktek, sehingga materi yang telah dipelajari dapat dipraktekkan langsung, sedangkan Wakil Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini salah satu kegiatan yang terpenting dalam membangun kepramukaan, sebagaimana kita lihat belakangan ini kegiatan Pramuka agak kurang menggigit untuk itu dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan trik-trik dan solusi dalam pengembangan generasi muda karena salah satu daya tarik pramuka adalah pembentukan mental dan disiplin karena tanpa disiplin yang baik kita tidak akan dapat maju, dan mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar dan dapat mencetak kader-kader pembina yang baik sehingga dapat mentransfer kepada anak didik pramukanya, dalam acara pembukaan tersebut selain dihadiri oleh Camat, Danramil, Kapolsek serta Kepala Puskesmas Parindu yang juga merupakan anggota Mabiran Pramuka Kwaran Parindu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Oleh Raga Kabupaten Sanggau serta Kepala Bidang TK – SD Drs. FX. Suparman. (dian humas)

 

 

K E C A M A T A N                 : PARINDU

IBU KOTA KECAMATAN         : PUSAT DAMAI

NAMA CAMAT                        : SIRON, S.Sos.

JUMLAH PENDUDUK              :

LAKI-LAKI                               :

PEREMPUAN                          :

LUAS WILAYAH                       :

BATAS WILAYAH                     :

UTARA                                     : KECAMATAN BONTI

TIMUR                                      : SANGGAU KAPUAS

SELATAN                                 : MELIAU

BARAT                                     : TAYAN HULU

JUMLAH DESA                         : 14 DESA    DENGAN   43 DUSUN                     

NAMA-NAMA DESA                :

  1.  PUSAT DAMAI
  2.  SEBARRA
  3.  PALEM JAYA
  4.  SUKA GERUNDI
  5.  SUKA MULYA
  6.  GUNAN
  7.  MARITA
  8.  PANDU RAYA
  9.  EMBALA
  10.  MAJU KARYA
  11.  HIBUN
  12.  MARINGN JAYA
  13.  DOSAN
  14.  RAHAYU

 

 

 

 

 

Link Terkait