Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

Sekda Buka Sosialisasi Penerbitan Dokumen Kependudukan

Dewasa ini, pendataan kependudukan di Indonesia tidak bisa dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah saja, namun masyarakat pun ikut terlibat dalam pendataan kependudukan. Saat ini ada sekitar 187 juta orang yang wajib KTP, namun yang telah merekam data diri diantaranya adalah 96 persen. Di kawasan perbatasan, termasuk di Kabupaten Sanggau, rata-rata hanya 50 persen yang telah merekam data dirinya. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Dukcapil Kemendagri, I Gede Suratha, dalam sambutannya pada Sosialisasi Pelayanan Penerbitan Dokumen Kependudukan di Kawasan Perbatasan yang digelar di Hotel Safira, Kamis (26/1).

 Negara wajib hadir dalam memberikan identitas kepada warga yang belum memberikan data dirinya. Tentu hal ini, lanjutnya, dikeluarkan dalam bentuk Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang berfungsi untuk mendapatkan pelayanan dari negara seperti masalah kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Suratha mengatakan, kawasan perbatasan di Indonesia rata-rata hanya 18 persen saja anak-anak yang lahir mendapatkan akte kelahiran. “Padahal Bupati Sanggau telah memberikan perhatian yang luar biasa kepada penduduk Sanggau, tapi kenapa baru sedikit anak-anak kita disini mendapatkan,” ungkap Gede Suratha. Hal ini lah menurutnya yang akan dicari akar permasalahan dan harus diberikan solusi untuk menanganinya.

 Mewakili Bupati Sanggau, A.L Leysandri, Sekretaris Daerah dalam sambutannya mengatakan ada 479 ribu jumlah penduduk Kabupaten Sanggau yang datanya sudah masuk ke Kemendagri, akan tetapi yang sudah memiliki data kependudukan baru 64.450-an orang. Terkait dengan perekaman data diri dalam bentuk KTP yang disampaikan oleh Sekretaris Ditjen, Sekda mengatakan hal tersebut sangat penting terutama didaerah perbatasan. “Disini ada 20 ribuan penduduk, itu pun sebagian dari para pendatang, termasuk di kecamatan Kapuas” ungkapnya. Untuk perekaman KTP, lanjutnya, tentunya kita lah yang harus pro aktif mendorong masyarakat untuk datang dan mendata dirinya.

 Menurut Sekda, Sosialisasi ini penting walaupun yang dibahas nantinya adalah kawasan perbatasan, namun kecamatan lain juga harus dapat memahami dan menerapkan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan. Sekda berharap melalui sosialisasi ini perangkat daerah khususnya para Camat, Lurah, Kepala Desa, dan Kasi Pemerintahan yang juga turut hadir dapat menyerap informasi mengenai penerbitan dokumen kependudukan. Sehingga nantinya para perangkat daerah dapat menerapkan informasi dan mentransfer pemahaman yang didapat dari Ditjen Dukcapil Kemendagri dalam tugasnya. Sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau ditutup dengan membuka secara resmi Sosialisasi Pelayanan Penerbitan Dokumen Kependudukan di Kawasan Perbatasan oleh Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. (Aabaliya Humas)

Link Terkait