Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

           Sanggau, Senin (6/8) bertempat di Ruang Kerja Camat Kapuas dilaksanakan Rapat Lanjutan Pembahasan Masalah Lahan Plasma PT. ASP Wilayah Utara. Rapat tersebut dipimpin oleh Camat Kapuas (F. Meron, S.Sos, M.Si) didampingi Kasi Ekbang (Tusni) dan dihadiri oleh Wakapolsek Kapuas (Bernadus Seda), Danramil Kapuas (Agus Rabuan), Lurah Tanjung Kapuas ( Rustiono, S.Ap), Kades Pana (Jono), Pihak PT. ASP (Yacobus Ratu Anik, S. Tarigan, Rudi Sihombing, Fransiskus Bero Berto, dan Andreas Utaryo), Ketua KUD-UKB (Kayetanus Kaleng), dan Perwakilan Petani Plasma PT. ASP (Tadius, Y.Anis, Lewes, Toli, Lusius Aloi, dan Lon).

            Camat Kapuas (F. Meron, S.Sos, M.Si) mengawali Rapat dengan ulasan beberapa hal yang temaktub dalam tuntutan masyarakat petani diantaranya seperti pembukaan pagar yang telah telah diselesaikan dengan baik, selanjutnya menjelaskan beberapa perturan yang terkait dengan pelaksanaan pembangunan perkebunan pola kemitraan. Diharapkan bias dipahaminya aturan-aturan tersebut oleh para petani plasma, maka keputusan-keputusan yang diambil akan lebih baik, ungkap Meron.

            Petani Plasma PT. ASP masih bersisikukuh pada tuntutan-tuntutan awal sebagaimana yang tertuang pada hasil Rapat tanggal 30 juli 2012 dan hasil Rapat bersama tanggal 5 & 19 juli 2012.

            Pihak PT. ASP menharapkan dan meminta kepada petani untuk memahami dan menyelesaikan permasalahan ini secara bertahap, dan menawarkan lokasi baru yang akan dikelola pada tahun 2013 mendatang sebagai pemenuhan kekurangan lahan sebesar 295,06 Ha.

            Kades Pana (Jono) menyarankan agar lahan inti yang ada seluas 295,06 Ha diserahkan kepada petani plasma sebagai pemenuhan kekurangan lahan yang menjadi tuntutan.

            Dari jalannya Rapat sdan diskusi serta sumbang saran peserta rapat, maka didapat suatu kesimpulan Rapat sebagai berikut :

  1. Bersepakat terhadap lahan TBM3 seluas 295,06 Ha dibayarkan uang kompensasinya sebesar Rp 300.000.000,- kepada petani dan pembayaran akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 10 Agustus 2012 jam 13.00 di Ruang Kerja Camat Kapuas.
  2. Untuk lahan seluas 295,06 Ha, TM1 dan TM2 akan dilakukan pembahasan kembali pada hari Selasa tanggal 14 Agustus 2012 betempat di Ruang Kerja Camat Kapuas, agar pihak PT. ASP dapat menyajikan Data / Angka sebagai bahan pembahasan. (Ev)

Link Terkait