Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh pemangku kepentingan (stake holders) desa/kelurahan untuk mengatasi masalah, serta menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran berikutnya.

Kantor Camat Parindu yang dipromotori oleh Pak Ahin selaku Kasi Ekbang, bersama Camat, Sekcam, Kasi, staf dan TP.PKK turun ke 14 desa yang ada di Kec.Parindu dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak Kecamatan dan disinkronkan dengan jadwal masing-masing desa, dari tanggal 7 s/d 16 Januari 2014, untuk melaksanakan musrenbang tersebut, sesuai dengan amanat UU nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Pembangunan Nasional, dimana setiap Pemerintah Daerah wajib menyusun RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) 5 tahun dan RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Desa) untuk 1 tahun.

Kasi Ekbang (Pak Ahin) mengatakan bahwa tujuan  musrenbang desa adalah :

  1. Menampung dan menetapkan kegiatan skala prioritas sesauai kebutuhan masyarakat yang diperoleh dari musyawarah pembangunan pada tingkat di bawahnya (Musyawarah dusun/RT).
  2. Menetapkan kegiatan prioritas desa/kelurahan yang akan dibiayai melalui ADD yang berasal dari APBD Kabupaten maupun sumber pendanaan lainnya.
  3. Menetapkan kegiatan prioritas yang akan diajukan untuk dibahas pada Forum Musrenbang Kecamatan (untuk dibiayai APBD Kab/Propinsi dan APBN) yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Februari 2014 minggu II.

Untuk desa focus Kec.Parindu adalah desa Palem Jaya, pada acara musrenbang di desa tersebut hadir BPMPemdes Kab.Sanggau, Anggota DPRD, Pihak Kecamatan, perangkat desa, tokoh masyarakat dan PKK desa, kegiatan berjalan aman dan lancar.

Link Terkait