Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau       HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 69 (17 Agustus 1945 - 17 Agustus 2014)      Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014 Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju dan Sejahtera

 

Tayan- Desa Cempedak, akan mewakili Kecamatan Tayan Hilir dalam penilaian lomba desa tahun 2012 tingkat Kabupaten, pada bulan April ini. Untuk itu masyarakat beserta aparat pemerintahan desa terus melakukan berbagai pembenahan. 

Kades Cempedak, Barnabas Bujang mengatakan, Desa saat ini terus mempersiapkan diri dalam menghadapi event tersebut. Menurutnya, persiapan yang dilakukan dengan menggiatkan sistem administrasi dan profil desa. Selain itu, pihak kecamatan juga ikut ambil bagian dan juga melakukan pembinaan dalam persiapan penilaian  lomba desa tingkat Kabupaten, yang direncanakan akan dinilai oleh Tim Kabupaten pada Hari Kamis (26/4) mendatang pada pukul 13.00 WIB.

Tim Pembina Lomba Desa Kecamatan Tayan Hilir melaksanakan pembinaan di Desa Cempedak (24/4). Seluruh Kasi, Kepala Dinas/Instansi  dan Staf Kecamatan dikerahkan untuk fokus melakukan pembinaan di Cempedak. Tim yang dipimpin oleh Camat Tayan Hilir, Agatho Adan, S.Sos, M.Si, menyampaikan penekanan dan pemantapan mengenai hal-hal teknis terkait dengan kriteria dan indikator yang akan dilombakan.

Indikator Penilaian perlombaan desa dan kelurahan tersebut terdiri dari :1. pendidikan, 2. kesehatan masyarakat, 3. ekonomi masyarakat, 4. keamanan dan ketertiban, 5. partisipasi masyarakat, 6. pemerintahan, 7. lembaga kemasyarakatan, 8. pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Masing-masing indikator ini tentunya memiliki ketentuan-ketentuan khusus yang harus dipenuhi dalam pemberian skor, sebab selain dalam bentuk angka yang harus disiapkan adalah data pendukung dari masing-masing item dalam indikator.

Dengan dukungan segenap komponen masyarakat Desa Cempedak mulai dari Kades dan BPD, kaur, kadus, TP. PKK Desa, dan masyarakat desa, diharapkan Desa Cempedak sebagai wakil dari Kecamatan Tayan Hilir untuk Lomba Desa tahun ini, mampu menunjukkan potensi dan memberdayakan masyarakat dalam pembangunan di Desa pada  khususnya dan Kabupaten Sanggau pada umumnya. Tidak semata-matauntuk menjai juara namun lebih dari itu bagaimana kebersamaan dan rasa memiliki terhadap Desa dan dapat memicu perkembangan informasi, teknologi dan pembangunan di Desa Cempedak.