Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

Camat Kapuas (F. Meron, S.Sos, M.Si) didampingi Kasi Kessos (Junaidi), Pihak PT. ASP, Pihak KUD-UKB, dan Petani-petani Plasma PT. ASP melaksanakan adat buka pagar PT. ASP Wilayah Utara.

            Dengan adanya pembukaan pagar tersebut, maka kedua belah pihak bersepakat sebagai berikut :

1.      Petani maupun perusahaan tidak dapat memanen TBS selama permasalahan TBM3 (kekurangan lahan plasma seluas 295,06 Ha), TM 1 dan TM 2 belum selesai.

2.      Aktivitas perawatan kelapa sawit tetap berjalan seperti biasa.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KUD-UKB diwakili Tadius mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah terlibat dalam permasalahan ini. Diharapkan juga antara petani plasma PT. ASP, KUD-UKB dan perusahaan untuk kedepannya dapat bekerjasama.

Pihak ASP diwakili Rudi Sihombing mengungkapkan permohonan maaf kepada pihak KUD-UKB dan Petani Plasma PT. ASP yang mungkin selama ini telah berbuat kesalahan dan PT. ASP akan bersikap kooperatif dalam penyelesaian permasalahan tersebut.

Kades Pana (Jono) meminta kepada masyarakat agar menyelesaikan permasalahan ini dengan kepala dingin, “jangan bersikap anarkis” ungkap Jono, dan pagar-pagar kecil harap dibuka juga.

Camat Kapuas berharap hubungan antara petani plasma PT. ASP, KUD-UKB dan pihak PT. ASP tetap terus bekerjasama, mengingat adanya keterkaitan yang erat. “Pihak perusahaan mempunyai modal untuk membangun perkebunan akan tetapi tidak mempunyai lahan, sementara pihak petani mempunyai lahan tetapi terkendala dalam permodalan. Nah, dengan demikian perlu adanya kerjasama antara petani yang mempunyai lahan dengan perusahaan yang mempunyai modal sehingga diharapkan dengan adanya kerjasama tersebut dapat saling menguntungkan, bukan salah satu gendut yang satu nya lagi kurus” ungkap Meron dengan senyuman khasnya.

Setelah acara Buka Pagar PT. ASP selesai, Camat Kapuas beserta rombongan meluncur ke Dusun Biang Rosan Desa Rambin untuk menghadiri kegiatan Pencanangan Jam Belajar Warga, Pemberian Penghargaan Bagi Siswa/i Berprestasi dan pembukaan pertandingan sepak bola. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sanggau (Paolus Hadi, S.Ip, M.Si) didampingi Ibu Aritha Apolina, S.pd.

Pada kesempatan tersebut, Kades Rambin (Vitus Sandin) melaporkan pada saat ini Dusun Biang Rosan Desa Rambin sudah mempunyai TK / PAUD berkat kerjasama masyarakat dan PT. TBSM Dua, serta didirikannya SMP Satu Atap oleh Dinas Pendidikan kab. Sanggau, “hanya saja kami masih terkendala pada tenaga pengajar” ungkap Vitus. Vitus juga mengharapkan Pemda memperhatikan guru honorer agar dapat di angkat menjadi PNS. Selain itu juga, Dusun Biang Rosan Desa Rambin mengharapkan pemerintah dapat menyediakan fasilitas umum seperti Listrik Negara dan Air bersih.

Camat Kapuas mengucapkan terima kasih kepada PT. TBSM Dua  yang membantu masyarakat dalam pembangunan sekolah. Sudah banyak kegiatan PT. TBSM Dua yang membantu masyarakat, terutama infrastuktur yang sangat diperhatikan, ungkap Meron.

Direktur PT. TBSM Dua mengajak masyarakat memperingati Hari Anak Nasional karena anak-anak yang akan membangun baik pembangunan fisik maupun yang lainnya untuk ke depannya.

Ketua Yayasan Bakti Barito mengungkapkan Yayasan Bakti Barito bekerjasama dengan PT. TBSM Dua memberikan bantuan untuk anak-anak berprestasi dan harapan ke depannya anak-anak dapat maju dengan pendidikan.

Kadis Dikpora (Drs.Yohanes Ontot) mengungkapkan pentingnya jam belajar, karena jam belajar akan mendisiplinkan anak. Dan mengenai permasalahan kurangnya tenaga pengajar, hal ini memang menjadi momok di pemda, mengingat guru yang sudah ditempatkan di daerah tertentu, meminta dipindahkan ke daerah tertentu karena berbagai alasan. Harapan kami untuk ke depannya guru yang akan di angkat adalah putra daerah, sehingga betah tinggal mengajar di daerahnya, pungkas Ontot.

Wakil Bupati Sanggau (Paolus Hadi, S.Ip, M.Si) mengharapkan untuk kedepannya akan ada anak-anak yang di beasiswakan / dikuliahkan dengan bantuan PT. TBSM Dua sehingga anak-anak tersebut nantinya dapat bekerja di perusahaan, di bidang kesehatan maupun menjadi guru. Hadi juga mengucapkan terima kasih kepada pihak PT. TBSM Dua yang banyak membantu masyarakat, bila dilihat dari infrastruktur sudah sangat baik, masyarakat perlu bersyukur dengan adanya jalan jangan mengeluh jika banyak debu, patut bersyukur mengingat masih ada kampung yang belum mempunyai jalan dan hanya bisa di tempuh dengan kendaraan roda dua.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan bagi siswa/i berprestasi dari PT. TBSM Dua bekerjasama dengan Yayasan Bakti Barito, serta penyerahan bantuan dari Ibu Wakil Bupati Sanggau (Aritha Apolina, S.pd) kepada siswa/i Tk / Paud di Dusun Biang Rosan Desa Rambin. Setelah itu, Wakil Bupati Sanggau membuka pertandingan sepak bola dengan menendang bola secara simbolis. (Ev)

Link Terkait