Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

Tenaga Kerja yang Konsisten Harus Berorientasi Pada Hasil

 

Sanggau- “Pembanggunan ini tidak bisa dilakukan oleh satu instansi pemerintah saja, oleh karena itulah kerjasama antara pemerintah atau instansi satu dengan yang lain perlu kita bangun, maka kita perlu kerja sama dengan tentara indonesia”. Kata Wakil Bupati Sanggau  saat menghadiri acara penutupan TMMD ( Tentara Manunggal Membangun Desa ) Reguler ke-97 Kodim 1204 / saggau TA. 2016 di Desa Bagan Asam Kecamatan Toba, rabu ( 19/10 )

Dikatakannya membangun daerah seperti ini tidak hanya sekedar-sekedar, membutuhkan tenaga kerja yang konsisten bagaimana dia berorentasi pada hasil. Pemerintah daerah melihat Bagan Asam ini  karena ada dua desa yang dianggap agak sulit, kalau hanya sekedar dibangun oleh pihak-pihak kontraktor bisa, tapi harus dana besar, kalau TNI ini kita bekerjasama dengan dana cukup tapi hasilnya bisa sperti dana yang besar.  Kita mulai tahun 2016 ini bagian Asam dan samsat, kita mulai dari bagian Asam untuk membangun membuka akses, isolasinya daerah ini agak tertinggal, dari segi komunikasi dan transportasi, maka kita ada kerjasama dengan TMMD.  “Persoalan lain secara teknis hutan ini persoalannya dan kita agak kesal dengan MTI, kenapa sudah mau digelar, sudah mau dilaksanakan dibilang tidak boleh, sehingga agak konslet yang berkaitan dengan membuka jalan dari sini ke jalan PT. SAP kita coba secara administrasi dalam proses perijinan kepada kementrian lingkungan hidup dan kehutanan, tapi barang ini tidak bisa satu minggu, satu bulan perlu melalui proses yang cukup panjang, sehingga jalan kita ini tidak bisa kita gunakan pada pelaksanaan TMMD ini”.  Kita berencana kalau begitu pasti nanti tidak tahun ini, jadi tahun-tahun berikutnya, kalau tahun ini bisa selesai tahun depan kita ke Samsat. Sehingga kabupaten sanggau yang sulit, Toba untuk mengejar desanya tahun 2018 berakhir masa jabatn kami, kita sudah menggunakan kendaraan roda dua, kalau bisa roda empat. Katanya

Yang sudah dibangun saat ini dua gereja, satu musola, satu balai dusun ini yang pemerintah daerah dengan TMMD bisa kita lakukan. Setiap pembangunan di daerah ini harus sesuai dengan visi dan misinya, harus sesuai dengan rencana strategis daerah, harus sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah, harus sesuai dengan rencana kerja setiap SKPD yang memang secara fungsional kegiatan ada disitu.

Amanat Kepala Staf AD yang dibacakan oleh Inspektur Upacara kebersamaan yang sudah lama kita bangun ini merupakan sinertitas positif dalam mengatasi masalah yang kita hadapi. Sebagai kepala staf angkatan darat dan selaku penanggung jawab operasi mengucapkan terimakasih kepada elemen masyarakat. Berkat kerjasama TMMD ini dapat diselenggarakan sesuai dengan rencana, TMMD telah dimulai sejak tahun 1980 an, yang disebut progaram abri masuk desa, telah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan program TMMD yang telah berlangsung kurang lebih 35 tahun ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan mengigat sebagian besar wilayah indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI membangun sarana parasarana untuk wilayah masih sangat relevan. TMMD ke-97 ini telah banyak menyelesaikan 165 sasaran, selain itu TMMD tahun ini juga melaksanakan pembangunan infrastruktur yaitu bagunan dan rehap jembatan, pembuatan tanggul dan gorong-gorong, pembuatan halte, pos kamling, pembuatan sarana olah raga, rumah ibadah, rumah sekolah. Disamping sasaran fisik kita juga telah menyelasaikan sasaran nonfisik penyuluhan kepada masyarakat tentang bela negara dan ketahanan nasional pembangunan nonfisik ini masih sangat dibutuhkan dalam rangka memelihara dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintergrasi bangsa yang dilancarkan melaui tok see work, tentang maraknya peredaran narkoba. Oleh karenanya TMMD ini adalah salah satu upaya TNI angkatan darat dalam memperkuat dan memperdayakan ketahanan masyarakat. (Jimi humas)

 

Link Terkait