Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

BUPATI HARAPKAN KAUM PEREMPUAN LEBIH HEBAT

Bupati Sanggau Paolus Hadi mengaku berkepentingan menjadikan kaum perempuan di Kabupaten Sanggau menjadi lebih baik. Untuk itu, Ia berharap Gabungan Organisasi Wanita (GOW) sebagai induk organisasi perempuan di Kabupaten Sanggau membantu pemerintah mewujudkan Sanggau maju dan terdepan.

“Ini bukan basi basi ibu-ibu, kecuali ibu-ibu yang merasa basi-basi. Ibu-ibu tahu berapa jumlah perempuan di Sanggau, jumlahnya lebih besar dari laki-laki dan pengusaan kaum perempuan lebih dominan dari laki-laki,” kata Bupati Sanggau Paolus Hadi saat memberikan sambutan dalam acara syukuran Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Sanggau atas keberhasilan sebagai juara umum kegiatan dakwah wisata lintas Kabupaten/Kota yang dilaksanakan 5-8 Oktober 2016 lalu di Kabupaten Bengkayang.

Acara yang dirangkai dengan arisan GOW ini dilaksanakan di Gedung BAZNAS Sanggau jalan Anggrek Kelurahan Ilir Kota, Rabu (9/11). Selain Bupati Sanggau, hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sanggau M. Taufiq, Ketua Dewan Pembina BKMT Sanggau, H. Andi Darsudin, Ketua BKMT Sanggau Hj. Fitriati Khairuddin dan pengurus GOW.

Pada kesempatan itu, Bupati Sanggau memberikan ucapan selamat kepada BKMT atas keberhasilannya mengukir sejarah sehingga mampu meraih prestasi sebagai juara umum tingkat Kalbar. Bupati menyampaikan keberhasilan Kabupaten Sanggau tidak terlepas dari peran perempuan Sanggau yang dinilainya hebat-hebat. Inilah bukti bahwa Sanggau Bangga Mengukir Sejarah, semoga pada event event lainnya Ibu Ibu di Sanggau ini dapat menorehkan prestasi serupa sehingga kiprah Ibu Ibu benar benar nyata dan bisa dibanggakan.

“Peran Ibu-ibu sangatlah penting, bahkan seven brand image Sanggau itu tidak terlepas dari peran Ibu-Ibu,” ujarnya.    

Sementara itu, M. Taufiq yang baru dilantik tanggal 12 Oktober 2016 lalu sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Sanggau menyampaikan bahwa dirinya berharap dapat menjalin harmonisasi dengan Pemerintah Daerah.

“Saya siap mendukung segala kegiatan Pemkab Sanggau. Dalam artian meskipun Kementrian Agama ini instansi vertikal mesti tetap tunduk di bawah koordinasi Bupati Kabupaten Sanggau,” katanya. Sebagai organisasi semi pemerintah, Taufiq berharap BKMT, Muslimat dan organisasi wanita lainnya di Sanggau wajib mendukung program yang dijalankan Bupati Sanggau.  

Ia mengingatkan agar BKMT mengajak masyarakat muslim khususnya kaum wanita menyerukan kepada amar ma’ruf nahi mungkar.

“Mengajak kepada kebaikan dan mencegah daripada kemungkaran. Disini kita mengajak kebaikan belum mencegah dulu. Jangan kita mencegah kemungkaran dengan merusak, kalau mengajak kebaikan tidak perlu kita mencegah kemungkaran dengan cara-cara merusak seperti itu,” pesannya. GOW diminta berbagi ilmu dan bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif untuk kemajuan wanita yang mendiri serta mampu melakukan kegiatan yang bermanfaat.

“Salah satunya adalah arisan seperti ini. Arisan yang dihadiri lintas agama dan suku ini sebagai bentuk merangkul dan menjaga keharmonisan umat di Sanggau. Dengan arisan kita saling damai, rukun dan tidak ada permasalahan diantara kita,” ujarnya.

Ketua BKMT Sanggau dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta dari BKMT Sanggau yang mengikuti acara dakwa lintas Kabupaten/Kota. Ia menyampaikan, BKMT Sanggau mengutus 225 utusan untuk bertanding. Cabang lomba yang diadakan ada sebanyak 12 cabang.

“Dari 12 cabang tersebut, BKMT Sanggau memperoleh 9 cabang kemenangannya,” katanya.

Yang pertama, jelasnya, Juara I cabang Dzikir dan Doa diwakili oleh BKMT Kecamatan Sekayam, Juara I peragaan busana muslimah kategori remaja, Juara I cabang tahfidz Qur-an surah Al-Kahfi yang terdiri dari ayat 1-110 diwakili oleh BKMT Meliau, Juara II untuk cabang lomba pemilihan pelajar muslimah berprestasi tingkat SMP, Juara II pawai ta’ruf atau karnaval, Juara II untuk jenis hiburan yaitu lomba lari terompah, Juara II lomba adzan. Untuk juara harapan, BKMT Sanggau memperoleh harapan I cerdas cermat dan cabang fashion show kategori lansia.

“Berdasarkan keputusan dewan hakim pada saat itu, BKMT Sanggau terpilih sebagai juara umum. Perlu kami sampaikan kepada Bapak Bupati piala ini sebenarnya piala bergilir, tetapi berhubung dengan pertimbangan BKMT wilayah, karena BKMT Sanggau tahun 2014 memperoleh predikat sebagai pemilik data base terbaik tingkat provinsi. Kemudian yang kedua, BKMT Kabupaten Sanggau telah mengeluarkan suatu ide yaitu satu iven pelajar muslimah berprestasi dan lomba ini akan diusulkan oleh wilayah untuk sampai pada tingkat nasional. Atas dasar inilah ketua BKMT Wilayah menetapkan piala ini dijadikan piala tetap BKMT Sanggau,” jelasnya.

Ketua GOW Sanggau Yohana Kusbariah Ontot yang disampaikan Ketua BKMT Sanggau menyampaikan dalam rangka memperingati hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember yang akan datang, GOW Kabupaten Sanggau akan mengadakan beberapa perlombaan.

“Jadi Ibu-ibu siap-siap anggota GOW ikut bertanding,” katanya. Lomba yang akan diadakan diantaranya lomba mars GOW, lomba lagu solo, lomba merangkai bunga telur, lomba fashion show lansia.

“Inilah nanti cabang-cabang lomba yang ada diadakan memperingati hari ini. Pelaksanaanya akan dilaksanakan bulan Desember. Insyalaah nanti awal Desember kami akan sampaikan brosur kepada anggota GOW,” terangnya. (tekam humas)

 

Link Terkait