Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

Wabup Ajak Jalankan Tugas Secara Bertanggung Jawab

Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M. Si mengajak pegawai pukesmas menjalankan tugas secara bertanggung jawab. Hal itu disampaikannnya saat memberikan arahan pada acara penutupan HARKESNAS ke-52 Pukesmas Teraju Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau yang dirangkai dengan acara Perpisahan Kepala Pukesmas Teraju Yakobus yang Memasuki Usia Pensiun, jumat ( 11/11 ) belum lama ini.

Orang nomor dua disanggau itu juga mengigatkan visi dan misi dinas kesehatan atau visi misi kabupaten sanggau.

“untuk 5 tahun kedepan ini tidak bisa diwujudkan gara-gara kita tidak menjalankan tugas secara bertanggung jawab.  Tanggung jawab ini menjadi hal yang sangat penting, kalau kita bekerja dengan hati mampu mewujudkan sanggau maju dan terdepan, maka semuanya itu akan baik untuk semua orang, sehingga keberhasilan itu menjadi target untuk 5 tahun kedepan”, Katanya.

Dikatakannya Untuk mewujudkan mimpi yang diinginkan sesuai visi dan misi ini harus diketahui orang banyak, yaitu apa yang telah dibungkus oleh Bupati dan Wakil Bupati melalui 7 Brand Images. Oleh Karena itu visi misi ini harus digaungkan, kepada lapisan masyarakat tingkat bawah, agar dia tau apa yang diinginkan Bupati dan Wakil Bupati untuk 5 tahun kedepan.

Dalam peringatan hari kesehatan nasional ini, ia melanjutkan tidak hanya dalam bentuk ceremonial tapi harus di pahami betul bahwa hari kesehatan nasional ini menjadi titik yang harus kita kejar dalam rangka bagaimana kita mewujudkan kesehatan bangsa ini dari waktu ke waktu lebih baik lagi.

“Berkaitan dengan visi misi ini tentu menjadi pokok pikiran kita bersama, bagaimana bisa mewujudkan sanggau ini sehat lahir dan batin. Kesehatan ini tidak hanya dari satu sisi tapi dari semua aspek kehidupan, sehat jasmani dan rohani. Hal ini tentunya bagaimana kita secara bersama-sama untuk mewujudkannya”. Ujarnya

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau dr. Jhones Siagian menceritakan saat dia bertugas awal tahun 90an. Tantangan dibidang kesehatan masih seputar infeksi, seperti TBC, Malaria, Tifa.

“Tapi kita saat ini menghadapi penyakit yang timbul akibat pertambahan usia. Waktu pertama bertugas di Lumut kecamatan Toba ini usia harapan hidup orang sanggau itu hanya sekitar 63 tahun, artinya orang yang lahir di tahun 1990an itu diperkirakan usianya 61 tahun, sekarang tantangan itu sudah semakin berubah diperkirakan 68 tahun usia harapan hidupnya, dengan bertambah usia itu maka penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bertambahnya usia itu semakin tinggal,” Terangnya.

 

Jhones menambahkan tantangan bidang kesehatan dihadapkan pada penyakit bertambahnya usia seperti stroke, kolesterol tinggi, hipertensi, asam urat, atau yang bukan disebabkan oleh penyakit infeksi.

“Ini tidak mudah untuk mengatasinya”, pungkasnya. Tujuan diperingati hari kesehatan nasional ini, menurut Jhones salah satunya adalah membangun kemitraan dengan seluruh steachoolder, membangun kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada di kecamatan ini.

Usai acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari wakil bupati sanggau kepada kepala pukesmas teraju yang sudah memasuki masa pensiun, deselingi acara pembagian hadiah kepada pemenang voly putra/putri. ( jimi humas )

 

Link Terkait