Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot ketika memberi arahan sebelum membuka Sosialisasi Evaluasi Pengelolaan Keuangan Desa Tahap Pertama dan Kedua Tahun 2016 oleh Tim Pembina Pengelolaan Keuangan Desa Kabupaten Sanggau di Kecamatan Tayan Hilir (5/12).

Wakil Bupati Sanggau minta Pemerintah Desa harus mampu mengelola keuangan Desa secara baik demi kesejahteraan rakyat. Hal itu disampaikan Beliau karena kemampuan Pemerintah Desa dalam mengelola keuangan Desa merupakan unsur, yang sangat penting dalam mencapai visi dan misi Pemerintah Desa yang telah ditegaskannya oleh Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD). 
 
Wabup Sanggau menyampaikan bahwa jumlah kucuran dana yang dikelola Desa dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup tinggi, oleh sebab itu Ia menegaskan Pemerintah Desa bisa mengelola dana Desa dengan baik dan tepat sasaran. 
 
"Mengurus Negara ini memang tidak gampang, apa lagi kucuran dana yang dikelola Desa dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup tinggi sehingga Pemerintah Desa pun harus bisa mengelola dana Desa dengan baik dan tepat sasaran serta adanya tuntutan masyarakat transparasi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan, " katanya sebelum membuka Sosialisasi Evaluasi Pengelolaan Keuangan Desa Tahap Pertama dan Kedua Tahun 2016 oleh Tim Pembina Pengelolaan Keuangan Desa Kabupaten Sanggau di Kecamatan Tayan Hilir dan Kecamatan Meliau (5/12).
 
Karena banyaknya laporan dengan berbagai versi yang disampaikan 
kepadanya tentang dugaan penyelewengan atas pengelolaan keuangan Desa, Mantan Camat Entikong ini mengingatkan Pemerintah Desa agar bekerja sesuai aturan yang berlaku agar tak terjerumus ke ranah hukum. Ia pun berharap setelah kembali ke Desa masing-masing apa yang telah dievaluasi bisa diterapkan seraca berkelanjutan serta memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan agar kelanjutan perencanaan di Desa bisa terlaksana dengan baik. 
 
"Bukan menakut-nakuti, tapi berhati-hatilah sebelum bertindak. Kami dapat banyak laporan penyelewengan dana Desa oleh Pemerintah Desa, namun kami yakin Para Kades dan perangkat Desa bisa bekerja dengan aturan yang berlaku, karena kami tidak ingin ada Kades yang menimbulkan persepsi negatif sampai terjerat ke ranah hukum," pungkasnya.
 
Agar Pemerintah Desa bisa bekerja sesuai aturan yang berlaku dan tidak mudah terjerat hukum dalam mengelola keuangan, Desa Wabup Sanggau minta para Pemerintah Desa selalu berkoordinasi dan konsultasi kepada Camat, BPM-Pemdes Kabupaten, bisa juga dengan Bupati atau Wakil Bupati yang lebih memahami segala urusan tersebut. 
 
Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri Kepala BPM-Pemdes Kab. Sanggau, Forkompimka dan seluruh Pemerintah Desa (Kades beserta perangkat Desanya) yang berjumlah 126 orang dari Kecamatan Tayan Hilir dan Kecamatan Toba di Gedung Pertemuan Tayan Hilir, dan 132 orang di Gedung Pamong Desa Meliau. 
 

Link Terkait