Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

Historis Kecamatan Mukok

Asal Muasal Nama Kecamatan Mukok

Kata "Mukok" dalam nama Kecamatan Mukok yang digunakan dewasa ini memiliki makna historis yang panjang dan kompleks. Sampai dengan akhir tahun 1800 Masehi, masyarakat Suku Dayak adalah kaum nomaden yang memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bertani (menanam padi) dan berburu hewan liar. Perpindahan demi perpindahan yang terjadi disebabkan oleh perpindahan lokasi perladangan (mencari daerah subur yang baru), terjadinya perselisihan yang menyebabkan sebagian masyarakat memisahkan diri dan membentuk koloni baru, maupun karena wabah penyakit, yang seringkali dikaitkan dengan mistik, sebagaimana kepercayaan yang dianut Suku Dayak pada masa itu.

Adalah sebuah anak sungai bernama Muko’ (yang dalam bahasa Dayak Jangkang, kata Muko’ artinya Diam saja, termenung) yang berada di wilayah Dusun Pulau Bali, sekitar 3Km di sebelah selatan Dusun Pulau Bali pada saat ini. Pada akhir era 1800an sampai dengan awal era 1900an terdapat sebuah koloni yang bermukim di sekitar sungai Muko’ ini, dan menjadikan sungai ini sebagai tempat pemandian utama bagi masyarakat ini. Namun pada awal era 1900an, secara perlahan-lahan terjadi perpisahan dan pergeseran tempat tinggal masyarakatnya, menjadi menyebar dan membentuk kampong-kampung baru di Badokng (cikal bakal dari Dusun Pulau Bali yang ada sekarang), Malatok (Dusun Tokang, SP1), Merdua (Dusun Sei Beringin), Kopar (Dusun Sei Mawang), Setanding (Dusun Setanding), Senibokng (Dusun Ketapang), Jagok (Dusun Engkiteh) dan Desa Tokang. Pada akhirnya lokasi itu tidak berpenghuni, sampai dengan saat ini menjadi Tomawakng Muko’ (tembawang buah Muko’).

Baca selengkapnya...

 





































 

Dilaksanakan selama kurang lebih sepekan yaitu mulai tanggal 8 sampai dengan 13 Januari 2012 lalu dilaksanakan even 2 tahunan yaitu MTQ tingkat Kabupaten Sanggau yang dilaksanakan di Kecamatan Mukok, Dalam arena MTQ tersebut merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pemahaman Al-Qur’an sebagai pedoman Umat Islam dalam menjalani Hidup. Tepatnya pada tanggal 8 Januari 2012 MTQ ke XXIV Tingkat Kabupaten Sanggau dibuka secara langsung oleh Bupati Sanggau Ir. H. Setiman H. Sudin dengan memukul beduk, Camat Mukok Mustafa, S.Ag yang juga selaku ketua Umum Panitia Pelaksana MTQ ke XXIV Tingkat kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ ini merupakan kerjasama semua dalam berupaya membangun baik segala sarana dan prasarana maupun fasilitas pendukung sehingga lokasi pelaksanaan MTQ ini dapat dibangun walaupun mungkin belum sempurna, atas ketidak sempurnaan itu kami selaku Ketua Panitia mohon maaf yang sebesar-besarnya namun mudah-mudahan ketidaksempurnaan ini tidak menyurutkan kita untuk melaksanakan MTQ ini, sedangkan Asisten Administrari Ekonomi Pembangunan Dra. Hj. Jamilah, MM yang juga selaku Ketua LPTQ Kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa diharapkan dengan MTQ ke XXIV tingkat Kabupaten Sanggau ini dapat memberikan sumbangan para Qori’ Qoriah yang terbaik untuk ikut serta di tingkat Propinsi maupun tingkat nasional dan dapat mengharumkan nama baik kabupaten Sanggau maupun Indonesia secara umumnya, Kemudian Bupati Sanggau dalam sambutannya mengatakan “bahwa tujuan utama pelaksanaan MTQ bukan hanya mencari juara namun adalah juara yang hakiki yaitu juara yang dapat memberikan manfaat kepada pelakunya dan masyarakat disekitarnya pertama pahala kepada pelakunya dan kedua memberikan teladan kepada masyarakat di sekitarnya”. Dalam sambutannya juga Bupati menambahkan bahwa pelaksanaan MTQ yang dilakukan dilokasi yang berbeda bertujuan agar terjadi pembangunan yang merata contohnya dengan telah dibangunnya sarana MTQ ini selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat lainnya seperti olahraga, maupun hal lainnya, untuk itu adalah rasa kepedulian kita untuk menjaga dan memelihara apa yang telah dibangun. Kemudian pada tanggal 13 Januari 2012, MTQ Ke XXIV tingkat Kabupaten Sanggau ditutup oleh Wakil Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si dengan memukul beduk, dalam sambutannya Wakil Bupati Sanggau menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan MTQ ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses, dan mudah-mudahan para juara yang telah menang di MTQ kE XXIV tingkat Kabupaten Sanggau ini dapat mengharumkan nama kabupaten Sanggau di MTQ Ke XXIV tingkat Propinsi Kalimatan Barat yang akan dilaksanakan di Kabupaten Melawi.

Link Terkait