Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

Dalam rangka memeriahkan hari ibu yang diperingati setiap tgl 22 Desember, TP.PKK melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah Lomba Masak Serba Ikan, yang dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 9 Desember 2014 yang lalu, kegiatan tersebut diikuti oleh 11 peserta yang terdiri dari TP.PKK Kecamatan serta Kelurahan yang ada di kota Sanggau, salah satu tujuan kegiatan tersebut adalah menggali potensi yang ada di kabupaten Sanggau masak menu tradisional khas daerah masing-masing, agar nantinya bisa mewakili kab,Sanggau untuk mengikuti lomba di tingkat yang lebih tinggi, mengingat TP.PKK Kab.Sanggau di tahun 2014 meraih Juara I tingkat nasional masak khas daerah, disamping untuk pemenuhan gizi keluarga serta penambahan income bagi ibu-ibu pelaku bisnis.

Dalam lomba tersebut diumumkan pemenangnya adalah Juara I dari TP.PKK Kelurahan Beringin, Juara II dari TP.PKK Kec.Jangkang, Juara III dari TP.PKK Kec.Entikong, Juara Harapan I dari Kec.Bonti, Juara Harapan II dari TP.PKK Tanjung Kapuas serta Juara Harapan III dari TP.PKK Kec. Parindu.

"selamat kepada para pemenang"

Hallo internet, selamat pagi..., hari ini aku rindu padamu, pikiran ku tertuju padamu, jari jemariku tiba-tiba bergerak mengetik "setda.go.id.sanggau" setelah aku membuka blog kecamatan hatiku sedih.., semua kecamatan berhenti rupanya mencintaimu, yang setia menyajikan berita, padahal Pemerintah Kabupaten telah menyiapkan sarana untuk kita di kecamatan berbagi cerita, berita, informasi tentang berbagai hal di kecamatan masing-masing, namun rupanya sia-sia juga internet..., Tapi hati saya terobati juga internet bog kabupaten masih eksis komunikasi dengan mu, dengan mengisi berbagai berita informasi terkini, thanx ya.., Tapi ini salah siapa ya, sarana, fasilitas tersedia tidak dimanfaatkan.., mari kita tanyakan pada rumput yang bergoyang.  (intermezo dari ku untukmu internet).

    

   Suhardi (Ketua III Panitia MTQ).                         Moh.Jafar,S.Ag (Koordinator Seksi Lomba).                  Syarhill salah satu kegiatan yang dilombakan.

Kegiatan MTQ XXV di Kec.Parindu telah 4 hari dilaksanakan, perlombaan demi perlombaan telah melewati babak penyisihan, tinggal menunggu siapa yang akan jadi juaranya.  Menurut Moh.Jafar,S.Ag selaku koordinator seksi lomba, jenis perlombaan ada 16, namun secara garis besar dikategorikan menjadi 5 perlombaan yaitu :

  1. Syarhil Qur’an (Pidato tentang Alqur’an)
  2. Fahmil Qur’an (Lomba cerdas cermat Alqur’an)
  3. Khattil Qur’an (Kaligrafi/seni menulis ayat-ayat Qur’an yang terdiri dari :
  • Dekorasi
  • Mushaf
  • Naskah
  1. Tilawah Qur’an (Lomba mengaji) yang terdiri dari :
  • Tartil Anak-anak
  • Tingkat Remaja
  • Tingkat Dewasa
  • Cacat Netra
  • Quro’atus sab’ah
  1. Hifzil Qur’an (menghafal ayat-ayat Qur’an)  yang terdiri dari :
  • Gol 1 Juz usia maksimal 12 tahun
  • Gol 5 Juz usia maksimal 14 tahun
  • Gol 10 Juz usia maksimal 16 tahun
  • Gol 20 Juz usia maksimal 18 tahun
  • Gol 30 Juz usia maksimal 20 tahun

Perlombaan diikuti oleh 15 Kec, dengan system babak penyisihan, setiap Kec.mengutus ± 40 orang untuk mengikuti kegiatan dimaksud.    Ketua III panitia MTQ (Suhardi) menambahkan selaku tuan rumah panitia berupaya keras mensukseskan kegiatan MTQ, masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi, sekarang ini kendala yang dihadapi oleh hampir semua Kafilah adalah kekurangan air untuk mandi, cuci dan kakus, menurutnya PDAM Kab.Sanggau dari pembukaan sampai hari ke 4 ini baru 1 tangki (1x) mengirimkan air, Bersyukur kita mempunyai mobil pemadam kebakaran yang dipromotori oleh Agus SKJ dkk yang dengan setia setiap hari mengambil air dari sungai dan mengantarnya ke penginapan-penginapan para Kafilah untuk mengatasi masalah air tersebut, kita berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan sukses sampai penutupan harapnya. AMIINN...…

MTQ kepanjangan Musabaqah Tilawatil Qur’an atau Lomba membaca Alqur’an dengan lagu yang sudah dikenal.  MTQ telah ada di Indonesia sejak tahun 1940-an sejak berdirinya Jami’iyyatul Qurro Wall Huffadz  yang didirikan oleh Nahdatul Ulama, ormas terbesar di Indonesia.  Sejak tahun 1968, saat Menteri Agama dijabat oleh K.H.Mohamad Dahlan (salah seorang pengurus besar Nahdatul Ulama) MTQ dilembagakan secara nasional, MTQ pertama diselenggarakan di Makassar tahun 1968, kala itu hanya melombakan Tilawah dewasa saja dan melahirkan Qari Ahmad Syahid dari Jabar dan Mohamadong dari Sulawesi Selatan, MTQ ke 2 di Banjar Masin tahun 1969, tahun 1970 MTQ ke 3 dilaksanakan di Jakarta dilaksanakan begitu meriah, dan pada tahun 2014 Batam-Kepri menjadi tuan rumah MTQ tingkat Nasional, kini tidak lagi hanya membaca Alqur’an yang dilombakan, juga termasuk cerdas cermat, pidato, kaligrafi dsbnya.

Daftar Tempat Pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional.

No.

Tahun

Tempat Pelaksanaan

1

1968

Makassar

2

1969

Banjar Masin

3

1970

Jakarta

4

1971

Medan

5

1972

Bandung

6

1973

Mataram

7

1974

Surabaya

8

1975

Palembang

9

1976

Samarinda

10

1977

Manado

11

1979

Semarang

12

1981

Banda Aceh

13

1983

Padang

14

1985

Pontianak

15

1988

Bandar Lampung

16

1991

Jogyakarta

17

1994

Pekan Baru

18

1997

Jambi

19

2000

Palu

20

2003

Palangkaraya

21

2006

Kendari

22

2008

Banten

23

2010

Bengkulu

24

2012

Ambon

25

2014

Batam-Kepri

Sumber goole : Id.wikipedia.org/Musabaqah_Tilawatil_Qur’an

Kecamatan Parindu siap menjadi "Tuan Rumah" pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten, yang insyaallah akan dilaksanakan dari tanggal 16 Februari s/d 22 Februari 2014, Kita harapkan mudah-mudahan sukses dan berjalan sesuai dengan rencana, Amiin.

Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh pemangku kepentingan (stake holders) desa/kelurahan untuk mengatasi masalah, serta menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran berikutnya.

Kantor Camat Parindu yang dipromotori oleh Pak Ahin selaku Kasi Ekbang, bersama Camat, Sekcam, Kasi, staf dan TP.PKK turun ke 14 desa yang ada di Kec.Parindu dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak Kecamatan dan disinkronkan dengan jadwal masing-masing desa, dari tanggal 7 s/d 16 Januari 2014, untuk melaksanakan musrenbang tersebut, sesuai dengan amanat UU nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Pembangunan Nasional, dimana setiap Pemerintah Daerah wajib menyusun RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) 5 tahun dan RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Desa) untuk 1 tahun.

Kasi Ekbang (Pak Ahin) mengatakan bahwa tujuan  musrenbang desa adalah :

  1. Menampung dan menetapkan kegiatan skala prioritas sesauai kebutuhan masyarakat yang diperoleh dari musyawarah pembangunan pada tingkat di bawahnya (Musyawarah dusun/RT).
  2. Menetapkan kegiatan prioritas desa/kelurahan yang akan dibiayai melalui ADD yang berasal dari APBD Kabupaten maupun sumber pendanaan lainnya.
  3. Menetapkan kegiatan prioritas yang akan diajukan untuk dibahas pada Forum Musrenbang Kecamatan (untuk dibiayai APBD Kab/Propinsi dan APBN) yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Februari 2014 minggu II.

Untuk desa focus Kec.Parindu adalah desa Palem Jaya, pada acara musrenbang di desa tersebut hadir BPMPemdes Kab.Sanggau, Anggota DPRD, Pihak Kecamatan, perangkat desa, tokoh masyarakat dan PKK desa, kegiatan berjalan aman dan lancar.

Link Terkait