Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

Di Kantor Camat Parindu, Rapat Staf merupakan agenda rutin yang dilaksanakan sebulan sekali, untuk membina para pegawai dan membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi para Pegawai Kantor Camat Parindu, namun apabila ada sesuatu yang perlu ditindaklanjuti / keperluan yang mendesak, Rapat Staf dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan.

Pada hari kamis, tanggal 21 Februari 2013, Pegawai Kantor Camat Parindu (Camat, Sekcam, Kasi, Kasubsi, Staf dan 4 orang tenaga honorer) kembali mengadakan Rapat Staf,  Rapat dipimpin oleh sekcam (Marina Rona, SH,MH) adapun agenda rapat kali ini membahas :

-       Disiplin Pegawai.

-       Keuangan Kantor.

-       Kesiapan menjadi tuan rumah untuk kegiatan MTQ tingkat Kabupaten.

-       Rencana pembinaan desa bulan April s/d Mei 2013.

Seluruh pegawai diberikan kesempatan untuk menyampaikan sumbang saran, yang dilanjutkan dengan Tanya jawab, adapun hasil rapat staf dapat disimpulkan sbb :

-       Salah satu pelaksanaan disiplin Pegawai mengikuti Apel setiap hari Senin di halaman Kantor Camat Parindu, bersama dengan dinas instansi yang ada di kecamatan Parindu.

-       Keuangan Kantor dikelola sesuai dengan petunjuk yang ada, dan mengacu pada Pos yang ada di DPA.

-       Untuk mata anggaran SPPD dibayar sesuai dengan Perbup no.46 tahun 2012 tgl 26 Nopember 2012 tentang standar biaya SPPD.

-       Untuk mata anggran makan minum harian PNS akan dikelola oleh petugas dapur, dengan pengadaan snack setiap hari.

-       Pelaksanaan MTQ direncanakan pada bulan September 2013, dimohon kepada semua staf dapat mendukung kegiatan dimaksud.

-       Pada bulan April s/d Mei 2013 dilaksanakan pembinaan ke desa-desa yang ada di Kecamatan Parindu.

Demikian hasil kesimpulan Rapat Staf, rapat berjalan tertib, aman dan lancar.

 

 

 

Kegiatan  O2SN/FLS2N (Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional/Festival Lomba Seni Siswa Nasional) Tingkat Kecamatan Parindu telah berakhir, Pelaksanaan penutupan kegiatan ini dilakukan di Gedung Serbaguna kec.Parindu pada tanggal 21 Februari 2013, yang dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Olah Raga kec.parindu, Ketua Panitia, Para Kepala SD, SMP, SMU dan SMK sekec.Parindu, dan seluruh kontingen official dari semua cabang kegiatan olah raga yang dilombakan.

Dalam sambutannya Camat Parindu (Siron.S.Sos, M.Si) menyampaikan terima kasih kepada Panitia dan Kepala Sekolah yang telah ambil bagian dalam pelaksanaan kegiatan ini, sehingga bisa terlaksana dengan aman, tertib, dan lancar selama 3 hari.   Kesuksesan ini adalah berkat kerjasama yang baik, antara Kepala Sekolah, Panitia, Kepala Cabang Dinas yang telah mengkoordinir maupun memfasilitasi kegiatan ini.

Camat berpesan kepada Kepala Sekolah, karena kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, untuk lebih aktif dan selektif dalam mendidik dan menilai bakat anak, yang nantinya dapat diarahkan sesuai dengan kemampuan, kemauan, serta ketrampilan anak didik dan selanjutnya diberi motivasi, dilatih sehingga pada saat lomba anak sudah siap mental, dan sekolah dapat memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Dan ucapan selamat kepada SDN 08 Senunuk yang tahun ini memperoleh predikat juara umum di tingkat kecamatan, mudah-mudahan bisa membawa serta mengharumkan nama “Kec.Parindu” di tingkat Kabupaten maupun Propinsi serta tingkat nasional, katanya mengakhiri sambutannya sambil menutup kegiatan O2SN/FLS2N Tingkat Kecamatan Parindu.

Acara terakhir penyerahan piala bergilir yang disumbangkan Bapak Wakil Bupati Sanggau (Paolus Hadi, S.ip, M.Si) kepada juara umum, yang diserahkan oleh Bapak Camat Parindu.

“Selamat kepada para pemenang”.

 

Camat Parindu (Siron.S.Sos, M.Si) mengungkapkan bahwa Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) adalah Forum Musyawarah untuk mendapatkan masukan mengenai Kegiatan Prioritas Pembangunan, yang bertujuan untuk membahas, menilai, dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan agar menghasilkan kesepakatan Pemerintah untuk mewujudkan perencanaan pembangunan, supaya tepat sasaran.

Penyelenggaraan Musrenbang tahunan dilakukan secara berjenjang, mulai dari Musrenbang tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, propinsi sampai ke musrenbang di tingkat Pusat.

Musrenbang di tingkat Desa telah dilaksanakan bulan Januari, musrenbang tingkat Kecamatan bulan Februari, dan nantinya akan dibahas di tingkat Kabupaten pada bulan Maret, Menurut Ahin Kasi Ekbang Kantor Camat Parindu, Kecamatan Parindu telah melaksanakan Musrenbang tingkat desa, dan pada tanggal 11 Februari 2013 telah diadakan perangkingan PNPM yang merupakan usulan dari desa, tanggal 12 Februari 2013, dilaksanakan musrenbang tingkat Kecamatan dengan agenda pemaparan rekapan dari masing-masing desa, dan diadakan tanggapan atas usulan, serta Tanya jawab dengan SKPD yang hadir pada kegiatan tersebut yaitu Anggota Muspika, Ka.Dinas Instansi kec.parindu, Seluruh Kades, anggota BPD serta SKPD Kab.Sanggau. Hasil Musrenbang ini akan dibahas di tingkat Kabupaten pada bulan Maret nantinya.  “Mudah-mudahan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.”

Sebagai wujud nyata pelaksanaan  UU Nno.32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, dalam pasal 126 ayat 3 Huruf (a) Berbunyi  : Camat memiliki kewenangan  untuk membina, mengawasi penyelenggaraan  Pemerintahan  desa,  agar terwujudnya Administrasi pemerintahaan yang  baik.

Camat Parindu (Siron.S.Sos,M.Si) beserta  Sekcam, Kasi, Kasubsi, Staf kantor camat parindu dan TP.PKK Kec. Parindu melakukan Pembinaan Kepada  14 Desa yang ada di kec. Parindu, Yaitu Desa : 1).Sebarra, 2).Hibun, 3).Maringin Jaya,  4).Dosan, 5).Palem Jaya, 6).Suka Mulya, 7).Suka Gerundi, 8).gunam, 9).Marita, 10).Embala 11).Pandu Raya, 12).Maju Karya, 13).Rahayu dan 14).Pusat Damai.

Menurut Thomas (Kasi Pem), pembinaan di fokuskan untuk pembentukan panitia BPD, karena  14 Desa yang ada di Kecamatan Parindu semuanya telah berakhir masa jabatannya,  dan harus di bentuk Panitia  untuk melakukan pemilihan Kembali,  di samping itu setiap seksi membina sesuai dengan Tupoksinya masing-masing,  dengan adanya pembinaan seperti  ini  diharapkan kepada Kepala Desa dan Perangkatnya, tidak ada alasan untuk tidak mengetahui dan memahami tugas dan fungsinya masing-masing.  “Go to desa-desa”.

Pada hari Senin, tgl 18 Februari 2013 bertempat di halaman Kantor Camat Parindu, diadakan Upacara Pembukaan O2SN/FLS2N (Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional/Festival Lomba Seni Siswa Nasional) Tingkat Kecamatan Parindu, yang dibuka oleh Bpk.Wakil Bupati Sanggau (Paolus Hadi,S.IP, M.Si).  Acara tsb dihadiri oleh Anggota Muspika(Camat, Dan Ramil, Kapolsek), Ka.Dinas Instansi Kec.Parindu, SKPD Kab.Sanggau, serta guru-guru dan siswa/i SD, SMP, SMA dan SMK yang mengikuti kegiatan tsb.

Menurut laporan ketua Panitia (Wiyono.S.Pd) kegiatan ini diikuti oleh:

-          SD       : 563 peserta lomba

-          SMP    : 100 peserta lomba

-          SMA   :   36 peserta lomba

-          SMK   :   28 peserta lomba

Dengan jumlah kegiatan yang dilombakan sbb:

-          Tingkat SD      : 14 Kegiatan

-          Tingkat SMP   : 18 Kegiatan

-          Tingkat SMA  :   5 Kegiatan

-          Tingkat SMK  :   1 Kegiatan

Dengan  Motto “Mengukir Prestasi melalui Kegiatan O2SN/FLS2N.

Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Janji Wasit dan Janji Atlit, Bertindak selaku Pembina Upacara Wakil Bupati Sanggau (Paolus Hadi,S.Ip,M.Si), dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal :

Kegiatan O2SN/FLS2N ini adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun, sebagai ajang untuk menyeleksi siswa/i berprestasi yang nantinya mewakili Kec. Ke Kab. Dan diseleksi lagi di Kab, untuk mewakili Kab.ke Propinsi, Untuk Kec.Parindu data terakhir menempati peringkat ke 8 dari 15 Kecamatan, perlu ditingkatkan lagi prestasinya agar lebih baik.  Berbicara masalah pendapatan Parindu menempati level tertinggi dengan adanya perkebunan kelapa sawit, Kec.yang pendapatannya tergolong rendah Toba, Noyan, Jangkang, dan Bonti, Saya berharap dengan kondisi ini anak-anak termotivasi untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, diharapkan juga peranan guru-guru di sekolah untuk member motivasi kepada murid-muridnya.

Saya berharap agar semuanya dapat berkompetisi dengan semangat sportivitas, dan ucapan terimakasih kepada Panitia, guru-guru dan siswa dalam memsukseskan acara ini, beliau menyampaikan bahwa Pemerintah Kab.Sanggau membantu 5 jt per Kecamatan untuk acara O2SN ini, melalui dikpora Kab.Sanggau, katanya mengakhiri sambutannya, Acara ditutup dengan pembacaan doa, dan hiburan. “Selamat dan sukses untuk semuanya.”

                  Salah satu wujud nyata pelaksanaan peraturan Bupati nomor 30 tahun 2010 tentang Pelimpahan Kewenangan bupati kepada Camat, Pada hari Senin tgl.5 Nopember 2012 bertempat di Gedung Sinai Kec.Parindu, diadakan acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Sekolah oleh Bpk.Camat Parindu (Siron.S.Sos,M.Si).  Kepala Sekolah yang dilantik berjumlah 30 orang, terdiri dari 29 Kepala SD, dan 1 orang Kepala SDLB yang berada di wilayah Kec.Parindu, Acara ini dihadiri oleh Anggota Muspika, Ka.Dinas Instansi sekec.Parindu, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, DAD Kec.Parindu, serta para dewan guru, dan para undangan lainnya. 

                     Dalam sambutannya Bpk Camat Parindu(Siron.S.Sos,M.Si) menyampaikan bahwa tugas Kepala Sekolah sangat berat, di samping sebagai penanggungjawab kegiatan belajar, juga sebagai pendidik yang harus memberikan contoh dan teladan yang baik terhadap para dewan guru maupun murid-murid yang ada di sekolah, dan sebagai warga masyarakat juga dituntut partisipasi aktif dalam pembangunan dan organisasi kemasyarakatan, karena guru dianggap orang yang berpendidikan, bagaimana jadi seorang pendidik, jika tidak bisa memberikan contoh yang baik ungkapnya, namun saya yakin dan percaya bahwa yang dilantik pada hari ini adalah orang-orang yang terpilih dan terbaik, dan pasti mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik, akhirnya saya ucapkan “selamat” kepada yang telah dilantik, dan sukses untuk semuanya, katanya mengakhiri sambutannya.

Acara sukses berjalan aman dan lancar, ditutup dengan pembacaan doa dan makan bersama.

Link Terkait