Selamat Datang di Website Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau        Sanggau Maju dan Terdepan Baik Untuk Semua       

Di desa Embala Kec.Parindu tepatnya di dusun Nala kebun karet dan kolam ikan Pak Arif "Obenk Pongodi" pada tanggal 30 Mei 2012 yang lalu dilaksanakan Lounching Desa Fokus dan Panen Raya Ikan.  Kegiatan ini diikuti oleh Bapak Wakil Bupati (Paolus Hadi S.Ip) beserta istri, Para SKPD Kabupaten Sanggau, Camat Parindu (Siron.S.Sos) beserta istri, Kepala Dinas Instansi Kec.Parindu, TP.PKK Kec.Parindu, Para tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bapak Wakil Bupati Sanggau (Paolus Hadi S.Ip) menjelaskan tentang Program Desa Fokus yang merupakan salah satu program andalan Pemda Kab.Sanggau.  Desa Fokus merupakan salah satu langkah kerja nyata Pemda Kab.Sanggau dalam melaksanakan pembangunan, melalui program desa fokus diharapkan pembangunan dapat tepat sasaran dan dapat dirasakan langsung bagi masyarakat yang sangat membutuhkannya.  Dengan desa fokus Pemda melalui SKPD dapat memfokuskan/memprioritaskan pembangunan terutama bagi Desa yang sangat membutuhkan katanya.   Setelah itu dilaksanakan panen raya ikan di kolam pak Arif hasilnya dibagikan kepada peserta yang hadir, kemudian Bapak Wakil Bupati beserta rombongan meluncur ke kampung Nala untuk acara penutupan sepak bola Gawai Cup, hingga selesai.

"ADIL KA' TALINO, BACURAMIN KA' SARUGA, BASENGAT KA' JUBATA"

 Tutuh Nya' Tiop Akal Nya' Midop.

Sehubungan dengan telah berakirnya masa kepengurusan DAD Kec.Parindu masa bhakti 2005-2010, maka pada tanggal 27 April 2012 bertempat di Wisma Tabor Paroki Pusat Damai dilaksanakan Musyawarah Adat (Musdad) III, yang dihadiri oleh Pengurus DAD Kabupaten, Pengurus DAD Kec.Parindu, Ketua DAD Kec.Sanggau Kapuas, Tokoh Masyarakat yang ada di Kec.Parindu, Para Kepala Desa dan Pemuda Dayak, guna memilih Ketua Umum (Pemuntuh Benua) DAD Kecamatan Parindu untuk masa bhakti 2012-2017 mendatang, Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut : Pembukaan Doa, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Menyanyikan lagu mars persatuan dayak, Sambutan Ketua DAD Kec.Parindu, Sambutan DAD Kabupaten yang diwakili oleh ibu Marina Rona.SH,MH, Sambutan dari Camat Parindu (Siron.S.Sos) sekaligus membuka acara musdad, dan dilanjutkan dengan acara inti yaitu Laporan Pengurus DAD yang lama, tanggapan dan tanya jawab, kemudian acara pemilihan ketua umum DAD Kec.Parindu.

Pemilihan Ketua Umum DAD Kec.Parindu ini dipandu oleh oleh Sdr.Muderus Madnor Bagayo.S.Sos sebagai pimpinan sidang, pemilihan dilakukan dengan polling tertutup dan 3 orang calon yang telah diseleksi oleh panitia penerimaan dan memenuhi syarat, adapun ketiga calon tersebut adalah Bpk.E.Acang, Bpk.Andreas, dan Bpk.Midorius Otong.S.Pd.  Adapun hasil akhir dari pemilihan tersebut adalah :

  1. Sdr. E.ACANG   memperoleh                     :  44 suara.
  2. Sdr. ANDREAS   memperoleh                    :  18 suara.
  3. Sdr.MIDORIUS OTONG.S.Pd memperoleh   :  2  suara.      Dengan demikian maka perolehan suara terbanyak adalah Sdr. E.ACANG, yang kemudian ditetapkan sebagai KETUA UMUM (PEMUNTUH BENUA) DAD KEC.PARINDU UNTUK PERIODE 2012-2017, sedangkan untuk pengurus lainnya akan ditentukan oleh Tim Formatur yang akan dibentuk, dimana Ketua Terpilih sebagai Ketua Tim Formatur merangkap anggota..."selamat kepada pak E.Acang".

 

Camat Parindu (Siron.S.Sos) meminta warganya menjaga dan merawat rumah panjang. Rumah betang lambang kejayaan masyarakat adat dayak, salah satunya rumah panjang Kopar.  Hanya itu yang masih tersisa, tolong dijaga, dirawat, karena itu salah satu asset berharga milik masyarakat adat dayak yang tidak ternilai, tuturnya.  Menurutnya rumah panjang Kopar ramai dikunjungi pada saat gawai padi, gawai kampung dan hari-hari besar lainnya.  Rasa kagum dan bangga pasti diucapkan pengunjung ketika memasuki areal rumah betang, ramah para penduduk dan penghuninya yang sangat menjunjung tinggi kebersamaan, kearifan lokal, kekeluargaan dan kekerabatan.  Damai dan tenang terpancar keindahan alamnya, ini langkah yang nyata masyarakat adat dayak cinta damai.  Tidak heran Kecamatan Parindu terkenal dengan keramahan dan keindahan alamnya, buktinya masih ada rumah betang di kopar, imbuhnya.

Camat Parindu (Siron.S.Sos) menanggapi positif dan sangat mendukung kegiatan pelatihan internet, karena di era globalisasi sekarang ini kita dengan mudah mengakses informasi melalui media elektronik khususnya internet.  Melalui Blog Internet Kecamatan yang telah disosialisasikan oleh bagian humas dan protokol pemda kab.sanggau yang diikuti oleh 15 Kecamatan dengan 30 peserta pada tanggal 18 s/d 20 April yang lalu, diharapkan para peserta yang telah dilatih dapat memberikan informasi di berbagai bidang (pendidikan, kesehatan, keamanan dsb nya) disamping itu juga Blog Kecamatan ini dapat menjadi sarana untuk mengekspos segala potensi yang ada di Kecamatan maupun di Desa misalnya tempat-tempat wisata dsb, dan dapat membantu menunjang pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat di wilayahnya masing-masing katanya berharap.

GAMBARAN UMUM KECAMATAN PARINDU

A. GAMBARAN UMUM WILAYAH KECAMATAN PARINDU

1. Sejarah Singkat Kecamatan Parindu

Wilayah Kecamatan parindu dibentuk berdasarkan Surat keputusan Gubernur KDH Tingkat I Kalimantan Barat Nomor 21/Pem-I-1962 tanggal 26 Oktober 1962. Namun kenyataannya segala sarana sebagai suatu kantor wilayah kecamatan memangbelum tersedia pada waktu itu, baik gedung kantor beserta meubelernya maupun rumah jabatan camatnya, oleh karena itu untuk sementara urusan pemerintahan tersebut dilaksanakan dengan mengambil tempat di Kantor Camat Sanggau Kapuas.

Baru pada tahun 1963 dibangun gedung kantor beserta sebuah rumah jabatan Camat Parindu yang berkedudukan di Desa Pusat Damai. Kedua bangunan tersebut rampung pada awal tahun 1964 dan langsung diresmikan pemakaiannya oleh Bupati KDH Tingkat II Sanggau yang waktu itu dijabat oleh M. TH DJAMAN.

Pelu diketahui bahwa nama Parindu diambil sebagai nama wilayah Kecamatan ini berasal dari nama sub suku bangsa dayak yang merupakan penduduk mayoritas wilayah Kecamatan Parindu, yaitu dari kata Pa, berarti suku bangsa Pandu, sedangkan Rindu dari kata Ribun, sehingga menjadi “PARINDU”. Kedua sub suku ini juga dikenal sebagai sub suku suku yang cukup kuat  serta pemberani dan sampai saat ini wilayah Kecamatan Parindu masihdisebut-sebut sebagai Wilayah Kecamatan yang suhu politiknya perlu diperhitungkan, walaupun pada kenyataannya tidak benar seluruhnya, dan itu pulalah yang mungkin sedikit banyak mewarnai sifat masyarakat diwilayah ini, sebagai akibat pertemuan antara budaya tradisional disatu pihak dengan pengaruh dari luar yang sudah mulai memasuki kehidupan masyarakatnya, sementara kebudayaan aslinya juga masih kuat, sehingga mungkin lebih tepat sebagai masyarakat transisi yang sedikit diwarnai oleh pengaruh agama yang memang telah berkembang dengan baik.

Kemudian sebagai ibukota Kecamatan diambillah kata Pusat Damai yangsebelumnya diajukan oleh seorang Pastor bernama KAY, berkebangsaan Belanda dengan maksud jika terjadisuatu sengketa diantara sub suku yang ada di wilayah kecamatan ini hendaknya diselesaikan dengan cara perdamaian, yang sekaligus pula merupakan nama salah satu desa terletak diibukota Kecamatan.

Adapun desa-desa yang menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Parindu ini berasal dari wilayah kecamatan sebagai berikut :

  • Wilayah Kecamatan Sanggau Kapuas.
  • Wilayah Kecamatan Bonti.
  • Wilayah Kecamatan Tayan Hilir, dan
  • Wilayah Kecamatan Tayan Hulu.

Sehingga berjumlah 60 (enam puluh) desa.

Adapun Pejabat Camat Parindu sejak berdirinya Kecamatan ini sampai dengan sekarang adalah sebagai berikut :

No

Nama

Masa Jabatan

Keterangan

1

 H . OEMAR

1962 - 1967

 

2

JOH LAMID NIGA

1967 - 1971

 

3

AMIN MAST, BA

1971 - 1974

Alumni  APDN Ptk

4

SYAMSUDIN ZAILANI, BA

1974 - 1978

Alumni  APDN Ptk

5

Y. TH. DONATUS DJAMAN

1978 - 1981

Alumni  APDN Ptk

6

ALOYSIUS SANDANG, BA

1981 - 1983

Alumni  APDN Ptk

7

ACHMAD BUSTAMI, BA

1983 - 1990

Alumni  APDN Ptk

8

AGUSTINUS NAON, BA

1990 - 1992

Alumni  APDN Ptk

9

Drs. A. ADRIANTO. G

1992 - 1998

Alumni  APDN Ptk

10

ISKANDAR, S.Sos

1998 -  2000

Alumni  APDN Ptk

11

Drs. YOHANES KITENG

2000 - 2001

Alumni  APDN Ptk

12

HILARION ASAN, S.Sos

2001 - 2003

Alumni  APDN Ptk

13

FRANSISKUS MERON, S.Sos

2003 - 2008

Alumni  APDN Ptk

   14

SIRON,S.Sos 

 2008 - sekarang

 Alumni APDN Ptk

 

Link Terkait