Diskusi Pelaksanaan Karantina Pekerja Imigran Indonesia di Entikong

Sekjen Kementerian Kesehatan Oskar Primadi bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau ketika meninjau dan mengecek pelaksanaanSWAB /PCR terhadap Pekerja Imigran Indonesia di Entikong

Entikong (10/04) Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau menghadiri Kegiatan Diskusi Pelaksanaan Karantina Pekerja Migran Indonesia bersama Dinas Sosial Kabupaten Sanggau, Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, BPBD Kabupaten Sanggau dan Forkopimcam Kecamatan Entikong.

Kegiatan diawali dengan peninjauan di PLBDN untuk melihat pelaksanaan pemeriksaan SWAB / PCR terhadap para Pekerja Imigran Indonesia, dilanjutkan dengan meninjau Karantina yang berada di kawasan Wisma Indonesia dan terakhir meninjau secara langsung Puskemas Entikong.

Dalam Kesempatan tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oskar melihat dan menyaksikan secara langsung proses SWAB/PCR terhadap PMI, dan mengecek secara langsung perlengkapan yang digunakan, dalam pengecekan tersebut ada beberapa perlengkapan yang mengalami kerusakan, namun sesuai arahan Kepala Dina Kesehatan Kalimantan Barat dr. Harisson, M.Kes agar cepat dilaporkan dan digantikan, selanjutnya adalah kekurangan tenaga kesehatan terutama dokter Internsip , hal ini disampaikan oleh KKP Pontianak yang bertugas dikarenakan rata-rata perbulan jumlah yang datang sekitar 2500 – 3000 orang dan untuk peralatan tes efektif hanya mampu 90 an perhari.

Untuk itu ada permohonan Kepada Pemerintah Daerah dapat membantu terutama dokter Internsip yang sangat dibutuhkan, terdapat beberapa dokter Internsip yang berada di Kecamatan Kembayan mudah-mudahan dapat di tugaskan di PLBDN secara berkala. Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting, S.Si.Apt, MKM, mendukung hal tersebut nanti akan dicoba solusinya.

Sedangkan Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, MM mengatakan sepanjang apa yang menjadi kewenangan Kabupaten Sanggau akan kita coba bantu semaksimal mungkin.

You might also like More from author